Fail0verflow: Kami Berhasil Dump Kernel PS4 Hanya Dalam 6 Hari

ps hack, ps4 bajakan, ps4 di hack, main game ps4 bajakan

PS4 adalah konsol mahakarya SONY yang lahir sejak 15 November 2013. Sejak awal dirilis, SONY dengan sesumbar mengatakan bahwa PS4 di klaim dengan sistem keamanan yang sangat ketat dan berlapis. Terhitung  sejak tahun 2013 hingga tahun 2017 atau kurang lebih sekitar 4 tahun, hacker atau tim hacker gabungan berusaha menerobos sistem keamanan SONY. Namun usaha mereka hanya menghasilkan hal nihil, PS4 tidak dapat di hack dengan mudah. Jangankan ke ranah kernel, menyentuh usermodeland saja hacker sudah kesulitan.

SONY secara berkala mengupdate sistem keamannnya dengan merilis firmware terbaru pada setiap periodik. Selain untuk alasan stabilitas sistem, tentu saja hal ini dimaksudkan untuk memperkuat sistem keamanan pada PS4  guna untuk menghalau hacker. Usaha sony ini terbilang gemilang. Dengan tidak tersentuhnya PS4 oleh hacker, tercatat SONY melenggang dengan menghasilkan ratusan juta dollar dari PS4, baik dari penjualan konsol, maupun dari penjualan game. SONY semakin berkembang dan maju pesat dengan  konsol hebat besutannya tersebut.

Namun sayang, di awal tahaun 2018 Fail0verflow mengumumkan bahwa PS4 sudah dalam kondisi full hacked, alias sistem keamanannya sudah bisa diterobos. Fail0verflow yang terdiri dari beberapa gabungan hacker telah berhasil menerobos sistem keamanan PS4 yang terkenal tangguh dan kuat. Tidak tanggung-tanggung, Fail0verflow pada situs resminya mengabarkan telah berhasil masuk ke ranah kernel. Penulis menganggap ini adalah mimpi buruk untuk SONY. Apabila yang diterobos hanya sebatas usermodeland saja itu tidaklah masalah. Dengan usermodeland, hacker hanya dapat menginject file-file homebrew atau aplikasi ketiga seperti emulator. Tapi dengan diterobosnya kernel, itu berarti hacker sudah dapat masuk ke sistem utama PS4. Yang dikhawatirkan adalah data2 yang ada di kernel disalah gunakan dan akhirnya data tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya, atau katakanlah kernel tersebut dipakai untuk menginstal software dengan kode-kode perusak yang dapat mem-bypass kode kode penting proteksi SONY. Dalam arti kata lain, dengan diterobosnya kernel PS4, Hacker dapat menginstal dan memainkan game bajakan.

Bahkan Fail0verflow dengan pongahnya mengumumkan kepada khalayak warganet bahwa mereka mempencudangi PS4 hingga dapat masuk ke ranah kernel hanya dalam hitungan 6 hari saja. Fail0verflow mengumumkan akan segera merilis file-file dump kernel untuk diinject ke PS4. dalam kutipan pada web resminya tersebut, PS4 yang ingin di hack atau untuk memainkan game bajakan tidak leibh dari firmware 4.50 saja.

Kesimpulan
Well, penulis berharap agar SONY bisa menahan gempuran hacker tim Fail0verflow dengan merilis firmware terbarunya. Bagaimanapun juga pembajakan adalah sama juga dengan pencurian. Developer game lah yang kena imbas paling besar ketika pembajakan game terjadi. Bahkan yang terburuk adalah kebangkrutan dari developer tersebut. Nah, ini berita baik atau buruk bagi kalian? Setujukah kalian dengan pembajakan PS4?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Fail0verflow: Kami Berhasil Dump Kernel PS4 Hanya Dalam 6 Hari"

Post a Comment