Update Firmware Terbaru 4.01 Pada Nintendo Switch, Sebuah Antisipasi Terhadap Hacker

https://versagames.blogspot.com/

Lagi dan lagi. Berkali kali sistem kemanan Nintendo berhasil ditembus dalam hitungan bulan. Hal ini menunjukkan betapa lemahnya sistem keamanan Nintendo pada setiap konsol yang dirilis. Hacker dengan mudahnya masuk ke ranah kernel dan kemudian menginject kode-kode perusak pada konsole tersebut agar bisa menjalankan aplikasi homebrew atau yang lebih parah untuk memainkan game bajakan.
Apabila dilihat lagi pada konsol sebelumnya, kita dapat melihat betapa rentannya sistem keamanan Nintendo, pada Nintendo Wii U contohnya.  Hacker dengan mudah mengobrak-abrik kernel dan mendeploy kode-kode inject agar bisa memainkan game bajakan. Bahkan rumor yang santer terdengar, Nintendo Switch, konsol anyar besutan Nintendo dalam hitungan jam sejak release sudah bisa disusupi kode inject hacker! Padahal Nintendo Switch belumlah genap setahun namun sudah bisa diinject homebrew! Artinya, walaupun hacker belum bisa memasuki ranah kernel, minimal hacker sudah sampai pada usermode system. Pada tahap pembobolan usermode, hacker memang tidak mempunyai keleluasaan penuh. Hacker hanya bisa menanamkan aplikasi homebrew atau aplikasi game semacam emulator.
Namun berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis, apabila hacker sudah  sampai pada usermode, tidak akan menunggu lama untuk hacker agar dapat menguasai kernel mode. Jikalau kernel mode sudah dapat dikuasai, tamatlah sudah Nintendo. Diprediksi konsol akan laku keras, tapi pendapatan dari software gaming akan menurun drastis hingga ke titik terendah. Artinya kerugian finansial akan mendera Nintendo.
Untuk menghadapi dan menangkal hacker, nintendo merilis firmware 4.01.

Update Terbaru Firmware 4.01 nintendo switch
Dalam setiap update firmware tentunya banyak pertanyaan yang akan muncul di benak kita. Whats new? Apakah ada perombakan terbaru? ataukah grafic user interface semakin baik? Apa kabarnya backward compatibility? mungkinkah bisa memainkan game retro seperti nes dan snes di konsol ini? Beribu pertanyaan yang mungkin akan kita lontarkan pada setiap update firmware.
Dari press release Nintendo, berikut ini adalah fitur fitur update 4.01 Nintendo Switch :
"Secara umum Nintendo Switch akan mengalami peningkatan stabilitas kinerja termasuk diantaranya perbaikan motion control yang sering bermasalah pada game game tertentu."
Ya hanya sebatas itu update firmware pada Nintendo Switch. Tapi menurut hemat penulis, dengan terlalu cepatnya update firmware dari 4.0 ke 4.01,  kemungkinan besar firmware ini dimaksudkan untuk menutup celah exploit yang berhasil dibobol oleh hacker.
Well, setidaknya tindakan Nintendo sudah cukup cepat dalam menghadapi situasi konsolnya yang sudah kebobolan. Good job untuk Nintendo!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Update Firmware Terbaru 4.01 Pada Nintendo Switch, Sebuah Antisipasi Terhadap Hacker"

Post a Comment